Headlines News :
Home » » KULIAH TUJUH MENIT

KULIAH TUJUH MENIT

Written By Wahyu Jannah on Rabu, 20 Februari 2013 | 06.41

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

‎1. Jika kita berada pada shaf yang tidak lurus, kita harus bagaimana? Ikut shaf yang mana? Biasanya saya ambil posisi di tengah antara kedua-duanya. Jadi agak di belakang yang lebih maju dan agak di depan yang lebih mundur.

2. Bagaimana jika orang di sebelah kita membaca dengan bacaan yang agak keras dan mengganggu konsentrasi sholat kita? Apakah itu yang dimaksud dalam Al-quran dengan membaca sholat dengan suara tidak keras dan tidak lemah?

3. Saat menungu imam selesai membaca surat pendek saat sholat zuhur dan ashar, boleh kah makmum sambil berzikir agar tetap konsentrasi dalam sholat?

4. Mengapa pertanyaan saya yang sebelumnya belum dijawab? Apakah pertanyaan saya tidak berkenan atau terlalu banyak? Mohon informasi dan jawabannya
___________

Jawaban :

Wa'alaikum salam Wr. Wb...

1. Patokan shaf makmum ada pada orang yg berdiri persis di belakang imam. Karena dari sanalah shaf itu mulai dibangun.

Kalau ada tiga orang makmum, maka ada satu orang yang berdiri tepat di belakang imam, satu temannya membuat barisan dengan berdiri di sebelah kanannya. Satu lagi membuat barisan dengan berdiri di sebelah kirinya.

Dan begitulah seterusnya, setiap kali ada satu makmum datang, dia berdiri di sebelah kanan barisan itu, bila kanan telah terisi satu orang, agar shaf itu seimbang, maka dia berdiri di sebelah kiri barisan itu. Sehingga panjang shaf itu seimbang dengan titik berat ada di tengah. Tidak seperti angkot 4-6.

Makmum yang berdiri di tengah itu sebagai sandaran dari barisan. Bahkan seandainya imam batal shalatnya, dia pula yg berhak menggantikan imam. Termasuk kalau imam salah gerakan atau salah bacaan, dia juga yg membetulkan.

Jadi posisi orang yang berada di belakang imam itu memang sangat penting, bagai pesawat, maka dia adalah co-pilot.

2. Benar sekali, saat kita membaca ayat al-Quran sebagai makmum, kita diharuskan melirihkan bacaan, agar tidak menggangu jama'ah lain di sebelah kita.

3. Tempat dzikir bukan pada saat berdiri, jadi kalau kita sudah selesai membaca ayat pendek tapi imam belum juga selesai, kita boleh diam saja atau membaca ayat yang lainnya.

4. Pertanyaan yang masuk ke inbox sangat banyak sekali. Mohon maaf jika belum terjawab semuanya. Itulah sebabnya dibuat group KULIAH TUJUH MENIT (Group), agar pertanyaan dapat didiskusikan dengan sahabat2 yg lain.

Wallaahu a'lam..
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Amru Farm | AYCUNA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Mushala Amru Ciangkrong - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by AYCUNA